Loading...

Pengakuan Siswa MTs Bobol Situs NASA, BCA & Bank Mandiri : Kalau Mau Tinggal Ambil Miliaran Rupiah


Pengakuan Putra Aji Adhari, siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah/setingkat SMP) di Tangerang mendadak viral karena berhasil membobol situs milik National Aeronautics and Space Administration ( NASA), Badan Antariksa Amerika Serikat (AS).

Situs milik lembaga di negara raja dunia teknologi informasi ini, dikenal memiliki tingkat keamanan sangat tinggi.

Hebatnya, Putra Aji Adhari hanya butuh tiga menit untuk meretasnya. Sungguh kemampuan yang langka, apalagi untuk ukuran bocah yang baru berusia 15 tahun.

Ditemui TribunJakarta.com (Grup SURYA.co.id) di rumahnya di kawasan Ciledug, Banten, Senin (1/4), Putra Aji Adhari serius menceritakan pengalamannya membobol situs NASA.

Jauh sebelum meretas situs NASA, Putra ternyata sudah biasa meretas keluar masuk tanpa izin pada sejumlah situs perusahaan nasional dan internasional, yang juga dikenal punya pengamanan superketat. Juga situs-situs pemerintah.

Sebut saja misalnya situs Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Bank Jateng, dan lainnya.

"Sering mah enggak, tapi ada beberapa perusahaan besar dan itu rentan juga," kata Putra.

Hebatnya untuk masuk situs-situs itu, ia rata-rata cuma butuh waktu tiga menit, bahkan kurang.

Begitu berhasil menembus situs dan masuk ke databasenya, putra bisa melihat semua rahasia perusahaan yang diinginkannya.

Putra mengaku sering melihat banyak data nominal uang. Nilainya bisa sampai miliaran rupiah.

"Kalau mau ambil (memindahkan) mah bisa aja. Tapi janganlah. Saya enggak mau. Mending yang halal-halal saja," kata Putra.



Retas Situs KPU

Belum lama ini, putra pasangan Darso dan Saanah memasuki situs resmi KPU RI yang di dalamnya terdapat data daftar pemilih untuk Pemilu 2019.

Menurut dia situs resmi KPU RI mempunyai sistem pertahanan yang lemah. Ia pernah menganalisis sistem keamanan situs KPU RI bulan lalu sampai masuk ke dalam database yang isinya nama penduduk semua daerah.

"Pernah aku masuk ke dalamnya (situs) itu malah lihat semua data penduduk untuk pemilih (Pemilu)," Putra Adi Adhari membocorkan.

Keamanan situs KPU RI, sambung dia, berada di level menengah dan belakangan celah yang bisa ditembus tadi sudah ditutup setelah ia lapor ke BSSN.

Dikatakan dia, domain utama KPU RI lumayan aman tapi beberapa subdomainnya berada di level sedang.

"Bugnya sudah tidak ada. Setelah seminggu itu lama banget (direspon, red)," ucap dia.

Perhatiannya yang begitu besar terhadap data negara, Putra Aji Adhari berharap pemerintah memperkuat situs-situs instansi yang mengandung banyak informasi penting di dalamnya.

"Itu pemerintah juga jarang respon. Kayak kita nih laporin bug itu, tidak direspon. Jadi ini dianggap hal biasa. Sebenarnya penting gitu. Kayak misalnya situs-situs pengadilan negeri gitu ya, itu sebenarnya penting juga," tandasnya.

"Web instansi pemerintah itu memang bugnya gampang banget. Tapi memang kadang owner situsnya itu jarang respon gitu kalo aku report bug," ujar Putra.

Identitas Putra Aji Adhari

Usia : 15 Tahun

Alamat : Ciledug,

Kota Tangerang

Sekolah : Kelas 2 MTs
(setingkat SMP).

Belajar IT : Otodidak dari warnet.

Pengalaman meretas:

- Situs Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)

- BCA

- Bank Mandiri

- Bank Jateng

- Situs KPU dan situs-situs pemerintahan.




sumber
Loading...
[ Close]
[ Close]