Loading...

Agar Tubuh Tetap Sehat, Hindari Makanan Ini Saat Makan Malam, yuk

Setiap hari, kita membutuhkan makanan sebagai asupan nutrisi untuk memberi energi atau mengganti energi yang sudah kita gunakan untuk beraktivitas selama seharian.
Kita butuh tiga kali makan dalam sehari, lo, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.
Meskipun makan sangat berguna bagi tubuh kita, ada beberapa makanan yang sebaiknya justru harus kita hindari saat makan malam.
Ini agar tubuh selalu sehat dan tidak membuat berat badan kita bertambah.
1. Karbohidrat sederhana
Makanan seperti kentang, pasta, jus buah, hingga roti adalah beberapa jenis makanan yang merupakan karbohidrat sederhana, teman-teman.
Karbohidrat sederhana ini memang berguna bagi tubuh kita di waktu-waktu tertentu, seperti saat kita akan membutuhkan banyak tenaga untuk beraktivitas.
Sedangkan kalau karbohidrat sedehana ini dikonsumsi pada saat makan malam ketika kita akan tidur, maka makanan tadi akan berubah menjadi lemak yang disimpan dalam tubuh, lo.
Hal ini disebabkan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana akan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah.
Nah, agar gula dari karbohidrat sederhana tidak berubah menjadi lemak, maka harus dibakar dengan cara berolahraga atau melakukan banyak aktivitas yang bergerak.
2. Makanan bertepung
Makanan bertepung tidak hanya makanan yang dibalut dengan tepung saja, lo, teman-teman.
Makanan bertepung ini contohnya seperti kentang goreng, pasta, hingga nasi.
Sama seperti makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, makanan bertepung juga akan berubah menjadi lemak di dalam tubuh jika tidak segera dibakar.
Bagi teman-teman yang tetap ingin mengonsumsi nasi saat makan malam, agar lebih sehat bisa ditambahkan porsi sayurnya, lo.
3. Makanan berlemak dan berminyak
Siapa yang suka makan makanan yang digoreng, seperti nugget ayam?
Meskipun makanan yang digoreng ini terasa sangat nikmat bagi kita, ternyata kita harus mengurangi mengonsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak dan berlemak, lo.
Tidak hanya saat makan malam, makanan berminyak dan berlemak memang harus dikurangi agar kita punya pola makan yang sehat, teman-teman.
Makanan berminyak dan berlemak kurang baik untuk tubuh kita karena jenis makanan ini akan sulit dicerna dan bisa mengganggu sistem perncernaan makanan kita, teman-teman.
4. Makanan pedas
Bagi masyarakat Indonesia, makanan pedas adalah makanan yang disukai banyak orang, bahkan banyak makanan Indonesia yang mempunyai cita rasa pedas.
Walaupun banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, kita sebaiknya menghindari makan makanan pedas saat makan malam, nih, teman-teman.
Hal ini karena makanan pedas bisa menyebabkan panas di bagian dada, terutama kalau kita berbaring beberapa saat setelah mengonsumsi makanan pedas.
5. Cokelat
Makan cokelat sebagai camilan penutup setelah makan malam pasti terasa nikmat, nih, teman-teman, terlebih cokelat memiliki rasa yang manis.
Tapi sebaiknya kita menghindari mengonsumsi cokelat pada malam hari, ya.
Sama seperti kopi, cokelat juga mengandung kafein yang bisa membuat kita sulit tidur di malam hari, lo, teman-teman.


Loading...
[ Close]
[ Close]