Loading...

Rice Os, System Oprasi Open Source Di Khususkan Untuk ARM Devices!


selamat siang linuxer, semoga tambah semangat ya belajar linux nya, keep spirit :)
oke kali ini saya akan memperkenalkan system oprasi berbasis arm device, Dan support untuk Raspberry Pi.

mungkin kurang terkenal system oprasi ini, karena hanya di khususkan support untuk ARM Devices saja, pada 1 november 2018 Rice Os akhirnya di perbaharui secara final. Baru-baru ini diumumkan bahwa RISC OS akan dirilis sebagai open source. RISC OS telah ada selama lebih dari 30 tahun. Ini adalah sistem operasi pertama yang dijalankan pada teknologi ARM dan masih tersedia pada komputer papan tunggal bertenaga ARM modern, seperti Raspberry Pi.

sebelum itu kita mengenal dulu sejarah RICE OS, embali ke awal tahun 1970-an. Pengusaha Inggris Clive Sinclair dan Chris Curry mendirikan Science of Cambridge (kemudian Sinclair Research) untuk menjual elektronik. Salah satu produk awal mereka adalah peralatan komputer. Tetapi saya tidak bisa meyakinkan Sinclair untuk setuju. Akibatnya, Curry meninggalkan Sinclair, sebuah perusahaan baru dengan teman Hermann Hauser. Perusahaan baru itu akhirnya bernama Acorn Computer. (Nama ini dipilih karena akan datang sebelum Apple Computer di buku telepon.) Selama dekade berikutnya, Sinclair dan Acorn bersaing untuk pasar PC UK yang sedang berkembang. Pada awal 1980-an, sebuah proyek dimulai di Acorn untuk menciptakan sistem komputer baru berdasarkan teknologi RISC. PC IBM sangat populer dan mereka ingin mengambil sebagian dari pasar itu. Pada saat yang sama, para insinyur Acorn sedang mengerjakan sistem operasi untuk jajaran komputer baru. RISC OS awalnya diluncurkan pada Arthur 1.20 1987 pada Acorn Archimedes baru. Acorn menderita secara finansial pada akhir 80-an dan 90-an. Pada tahun 1999, perusahaan mengubah namanya menjadi Elemen 14 dan mengubah fokusnya untuk merancang silikon. Pengembangan RISC OS dihentikan pada 3.60. Pada tahun-tahun berikutnya, lisensi OS RISC telah memantul dari perusahaan ke perusahaan. Hal ini menyebabkan kepemilikan RISC OS menjadi sangat berantakan. RISC OS Developments Ltd telah berusaha untuk memperbaikinya dengan membeli pemilik terbaru dari lisensi Castle Technology Ltd.

RISC OS Open mengumumkan pada tanggal 23 Oktober bahwa RISC OS akan bersumber terbuka di bawah Lisensi Apache 2.0. Tanggung jawab akan dibagi oleh dua organisasi: RISC OS Open Limited akan "menawarkan layanan profesional kepada pelanggan yang ingin menyebarkan RISC OS secara komersial" dan RISC OS Developments Ltd akan menangani pengembangan dan investasi dalam sistem operasi. RISC OS 5.26 telah dirilis untuk mencerminkan sifat open-source baru sistem operasi. Bahkan dikatakan dalam pengumuman bahwa "Ini sebenarnya identik secara fungsional dengan 5.24, jadi kita tidak perlu menguji ulang semuanya sebagai benar-benar stabil."

Mengapa RISC OS?




Saya yakin beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda harus peduli dengan sistem operasi yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini. Saya akan memberi Anda dua alasan.

Pertama, ini adalah bagian penting dari sejarah komputer, khususnya sejarah komputer Inggris. Setelah semua itu berlari pada ARM sebelum ARM menjalankan segalanya. Banyak dari kita tahu tentang hari-hari awal Apple dan IBM, yang dapat menyesatkan untuk berpikir bahwa AS selalu menjadi pusat dunia PC. Dalam beberapa hal itu mungkin benar, tetapi negara lain telah membuat kontribusi luar biasa untuk teknologi yang kita terima begitu saja. Kita tidak boleh lupa itu.

Kedua, ini adalah salah satu dari beberapa sistem operasi yang ditulis untuk memanfaatkan ARM. Mayoritas sistem operasi dan perangkat lunak yang tersedia untuk ARM telah ditulis untuk hal lain terlebih dahulu dan oleh karena itu tidak dioptimalkan untuk ARM. Menurut RISC OS Development Ltd, “Sistem kinerja tinggi dan footprint rendah, RISC OS menyediakan antarmuka desktop modern yang dipadukan dengan akses mudah ke pemrograman, perangkat keras, dan konektivitas. Ini terus menggabungkan bahasa pemrograman yang terkenal di dunia, BBC BASIC.



Loading...
[ Close]
[ Close]