Loading...

Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Rilis, Ini Fitur Terbarunya


hai linuxer, kali ini saya akan memberikan kabar bahagia bagi para pencinta ubuntu.
mungkin para pencinta ubuntu ada yang lagi di tunggu tunggu, yaitu keluarannya ubuntu versi terbaru 18.10.
juli lalu ubuntu merilis dengan versi terbarunya yaitu 18.04 diberi nama Bionic Beaver, banyak perubahan dari versi yang seblumnnya. yang membuat ubuntu tambah elegan dan userfendly, nah pada bulan bulan ini tepat tanggal 18 oktober 2018 bahwa ubuntu akan merilis versi terbarunnya yaitu 18.10 dengan code name Cosmmic Cuttlefish.
seperti yang kalian tau ubuntu merilis setiap versinya menurut susunan abjad, sekarang ubuntu menamkan Cosmmic Cuttlefish sesudah Bionic Beaver. yang harus kalian ketahui juga bahwa ubuntu memberi nama berdasarkan nama hewan dan kata sifat. bukan ini ubuntu mengeluarkan versinya sudah mencapai versi ke 29, namun yang akan rilis ini masih bersifat beta yang artinya masih dalam tahap pengembangan dan masih banyak yang di perbaiki.

namun ada sedikit bocoran juga bahwa ada fitur terbaru yang di sediakan oleh Cosmmic Cuttlefish ini.

1. Themes, Icon, Wallpaper
Dimulai dari theme yang di sediakan di ubuntu 18.10 Yaru ‘(tema GTK yang sebelumnya dikenal oleh Communitheme moniker) adalah tema GTK default baru di Cosmic, menggantikan Ambiance yang sudah tua. Sebuah tema modern yang dirancang dengan baik. terlihat elegan dengan warna dark nya. begitu juga dengan icon yang di sediakan di ubuntu 18.10 ini, icon tersebut adalah ikon suru yang berbeda dengan icon sebelummnya. dan ada penambahan wallpaper baru yang di sediakan di ubuntu cosmmic cuttlefish ini, dengan warna ungu dan corak menyerupai cumi cumi.






2. GNOME 3.30
gnome 3.30 adalah updatan terbaru, sebenarnya gnome 3.30 ini telah rilis pada tanggal 18 sptember
gnome versi tersebut sebagian besar di rubah dibagian visual. dan bukan itu saja gnome versi terbaru ini memberikan banyak fitur dan peningkatan baru. salah satunnya panel tunderbolt.


3.Linux Kernel
ubuntu 18.10 ini memiliki kernel versi 4.18 versi kernel ini memiliki beberapa peningkatan untuk AMD dan NIVIDIA GPU, USB-Type-C dan  Thunderbolt. dan optimalisasi di CPU freq diantara beberapa fitur lainnya.

4.Low Bandwith Mode In 18.10
low bandwith untuk meringankan bandwith dari internet ke ubuntu, hal ini akan mengurangi pemakaian data yang banyak baik dalam update repositry atau setiap kita browsing di internet. mungkin sudah tersedia, tapi pada ubuntu 18.10 ini akan di mempermudah mengaktifkan dan menemukan "Low Bandwith" tersebut. hal tersebut bertujuan untuk menyimpan data jika penyedia bandwith internet kalian memiliki batasan.

5. Support For Fingerprint Scanner
ubuntu 18.10 akan memiliki fitur baru yaitu fitur pemindaian sidik jari. ini berarti jika laptop kalian memiliki pemindaian sidik jari, fitur ini bisa di pakai di laptop kalian dengan membuka kunci system ubuntu kalian melaui sidik jari.

6. Faster Instalation And Boot
bagi kalian yang memiliki keluhan lama dalam instalasi dan booting di ubuntu, mungkin ini kabar baiknya, bekerja dengan algoritma baru seperti LZ4 dan ZTSD. ubuntu versi ini akan 10% lebih cepat baik booting maupun instalasi sebelumnya.

dan ini beberapa perubahan lainnya di ubuntu 18.10 :


  • tim pengembang akan meningkatkan masa pakai battre laptop
  • Snaps akan di tingkatkan waktu booting lebih cepat dan tampilan lebih baik
  • peningkatan UI dan UX ke perangkat lunak GNOME.
  • dukungan DLNA untuk menghubungkan ubuntu ke smart tv, Tablet dan perangkat lainnya.
mungkin itu yang terbaru di ubuntu 18.10 Cosmmic Cuttlefish, ini masih dalam pekembangan yang artinya beta, jika kalian ingin mencobannya silahkan downloads di sini.
sekain semoga bermanfaat.


Loading...
[ Close]
[ Close]