Loading...

5 Software Code Editor Terbaik Untuk Linux


di antar kalian pengguna linux ada yang suka ngoding? atau yang dari user windows ingin merasakan ngoding di ubuntu atau os linux lainnya?
tapi tidak tau code editor yang sering di gunakan bahkan yang cocok buat ngoding kalian?
tepat, saya disini akan memberikan 5 code editor terbaik di linux, yap bagi para programmer tidak asing dengan yang namanya ngoding, apalagi di ubuntu yang kebanyakan menggunakan bash, python, perl dan banyak lagi. bagi para pemula yang baru hijrah dari windows ke ubuntu, mungkin patut di simak code editor terbaik di linux ini.

1. ATOM

atom adalah text editor yang memiliki lisensi open source di platfrom Linux, Windows dan OSX. atom ingin sangat lah bersifat modular, maksudnya jadi jika kita mengingkan plugin tambahan kita bisa mendownloadsnya sesuai kebutuhan kita.

untuk penginstalan atom di ubuntu silahkan ketik :

pengistallan melalui repository ppa 

sudo add-apt-repository :ppa-webup8team/atom
sudo apt-get update
sudo apt-get install atom

2.SUBLIME TEXT 3

sublime text adalah salah satu software editor terbaik untuk pemula menurut saya, karena sangat membantu para pemula saat melakukan pemerogramman. serta kita bisa memasukan snippet atau perintah tertentu yang bisa kita buat untuk mengatur perintah tersebut. sublime text 3 ini juga mendukung semua bahasa pemerograman, dari mulai html, css, java, python, perl dan lainnya.

untuk cara install sublime text di ubuntu melalui repository ppa silahkan ketik di terminal :

wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -
echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list

sudo apt update
sudo apt install sublime-text

3. BRACKETS - LINUX HTML EDITOR


brackets adalah salah satu software editor yang di kembangkan khusus untuk tujuan design web, atau istilah front-end development. project ini di buat secara open source dan di kembangkan secara aktif oleh komunitas web developer yang benar benar di butuhkan untuk kebutuhan development. untuk kalian yang suka edit website dan desain theme website cocok untuk kalian mencobannya.

untuk cara install brackets di ubuntu melalui repository ppa silahkan ketik :

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/brackets
sudo apt-get update
sudo apt-get install brackets

4. VIM 

vim merupakan kepanjangan dari Vi Improved di buat pada tahun 1991, vim salah satu software yang menurut saya kompitable dan efisien, mengapa? karena adannya penambahan plugin yang bisa menambah extract seperti filetree, git intergration, syntax highlight untuk bahasa pemerograman tertentu.

untuk penginstall vim di ubuntu melalui repository ppa silahkan ketik :

sudo add-apt-repository ppa:jonathonf/vim
sudo apt update
sudo apt install vim

5.GEDIT

gedit adalah salah satu software text editor yang di sediakan khusus untuk linux, gedit text editor yang power full dan bisa membantu kita untuk melakukan pengeditan script dan support untuk beberapa pemerograman seperti python, perl, xml, html, css, bash dan banyak lagi. bash ini sudah tersedia di linux jadi kita tidak harus melakukan penginstallan.

untuk membuka gedit silahkan ketik di terminal :

sudo gedit

nanti akan terbuka sendiri gedit editor tersebut.

nah itulah 5 code editor terbaik di linux, setiap user beda beda ke inginan, semoga di 5 editor ini ada yang cocok buat kalian untuk ngoding.
semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu.
Loading...
[ Close]
[ Close]