Loading...

5 Aplikasi Linux Berbasis CLI/GNU Yang Bisa Dijalankan Di Android


selamat siang penggemar linux, terimaksih telah berkunjung di blog sederhana saya.
kali ini saya akan membagikan 5 Aplikasi Linux Berbasis CLI yang bisa di instal di Android.
namun hal yang harus kalian tau, android ini berbasis mobile linux tapi tidak seperti linux umumnya yang bisa menjalankan semua printah bash maupun perintah lainnya.
android menggunakan kernel linux sebagai bagian utama. karena linux bersifat open source. banyak para pengembang linux khususnya developer yang memodifikasi android sebagai kebutuhan mereka.
CLI, Command Line Interface yang artinya tidak ada tampilan menu ataupun tampilan lainnya, melainkan berbasis text jika kita menjalankan harus menggunakan perintah tertentu.

tapi yang kita bahas hari ini adalah 5 Oprasi System yang bisa di jalankan di android, lalu apa saja ? apakah bisa sepenuhnya kita menggunakan oprasi linux tersebut di android sesuai kebutuhan kita? apakah sama oprasi linux tersebut kita bisa jalankan di android secara powerfull?
jawabannya bisa.


1. TERMUX


termux adalah aplikasi terminal emulator berbasis cli yang bisa berjalan seperti linux umum lainnya. dengan termux kita bisa mengakses apa saja yang ada di linux, seperti test keamanan jaringan, dan masih banyak lagi. teermux ini bisa di akses tanpa root dengan ukuran yang sangat kecil saat di downloads, hanya menyediakan 1mb saja untuk downloads aplikasinnya, cara pengoprasiannya sedikit berbeda dengan linux lainnya.
termux mengunakan printah "pkg" menginstall package dari github.
namun untuk bisa mendownloads aplikasi ini di batasi untuk setiap perangkat androidnya, aplikasi ini hanya bisa di downloads dengan android versi os 5 ( lolipop ) dan seterusnya. jika kalian mendownloads aplikasi tersebut, kalian harus menyiapkan internal yang besar, karena setiap penginstallan dari package nya akan memakan memory yang lumayan banyak.

untuk menginstall aplikasi ini silahkan kalian downloads di playstore, menggunakannya juga mudah dan tidak ribet.

2. GNU DEBIAN NO ROOT FOR ANDROID




GNU debian ini sama sperti termux yaitu berbasis CLI, namun menurut saya gnu debian ini sangat lah user frendly. gnu debian ini juga sangat mudah di gunakan sama halnya debian yang lain bisa mengakses beberapa fitur yang di sediakan oleh debian, pentester website, test keamanan jaringan pun bisa di lakukan dengan aplikasi ini.
tapi sediakan internal yang cukup besar, sperti termux setiap update dan uprgadenya akan memakan internal yang besar. jadi untuk smartphone yang low end internal tapi ingin merasakan sensasi debian berbasis CLI ini, sebaiknya lakukan partisi pada sdcard anda agar sebagian cache nya tidak menghabiskan keseluruhan memory internal.
untuk cara installnya pun mudah, silahkan anda downloads di play store. setelah di install tunggu pengecekan setiap folder di system android selesai, lalu lakukan update dengan printah debian umumnya yaitu "sudo apt-get update"  dan lakukan juga upgade.

3. LINUX DEPLOY


ada yang tau tentang aplikasi ini? mungkin sebagian orang mengetahuiinya namun saya jelaskan linux deploy adalah salah satu aplikasi perangkat lunak open source yang di buat secara khusus untuk penginstallan Sistem Oprasi GNU/Linux.
linux deploy memungkinkan untuk kalian yang ingin tampilan linux di pc di terapkan di smarthpone, sangat percis dengan ada yang di linux lainnya, di sediakan menu downloads file iso setiap oprasi system linuxnya. kita hanya memilih system oprasi apa yang akan kita jalannkan di aplikasi linux deploy ini.
namun untuk mengunduh file tersebut harus memiliki ruang internal setidaknya 7GB atau lebih, karena penguduhan file iso tersebut real dari situs linux nya sendiri. yang harus di persiapkan untuk mendownloads file ini ya itu koneksi yang stabil jika tidak stabil akan mengalami eror pada paket penginstallnya, dan untuk menjalanakan aplikasi ini harus membutuhkan akeses root pada android kalian.
pengunduhan dan penginstalan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dan itu pun tergantung dengan koneksi internet, ruang penyimpanan yang harus di butuhkan untuk mengunduh file tersebut yaitu 1GB dan semua file tersebut akan tersimpan di internal.

untuk pengistalan teralu ribet untuk linux deploy, kalian harus menguduh VNC tersebih dahulu untuk mengatur dari mulai port, ip dan username pada linux deploy yang akan di gunakan. untuk pengistalan linux deploy di artikel selanjutnya kita bahas.

4. KALI LINUX "NETHUNTER"

Kali Linux Nethunter di buat secara khusus untuk pengujian pada platform android ( Android Rom Overlay ) oleh para pengembang kali linux, yang di beri nama "Nethunter" yang dapat berjalan untuk prangkat google nexus 5, nexus 6, nexus 7, nexus 9, nexus 10, dan nexus onePlus One.  Kali Linux Nethunter bertujuan sebagai penetration testing, prangkat nexus ini berhasil di buat oleh para pengembang kali linux hasil dari Offensive Security dan Binkybear.

nethunter mendukung seperti MITM attack, wireless 802.11 frame injection, on-click MANA evil Acess Point Setups.
seperti halnya linux deploy untuk melakukan instalasi Kali Linux Nethunter ini kalian harus memiliki akese root terlebih dahulu dan memiliki ruang internal yang cukup, mungkin untuk pengguna nexus sudah ada tinggal install rom nya dan jalankan Kali Linux Nethunter. 

selebihnya jika kalian ingin mengetahui Kali Linux Nethunter ini silahkan kujungi situs resminya disni.
tapi jika kalian pengguna android yang ingin mencoba Kali Linux Nethunter ini dan merasakan linux asli di android silahkan downlaods disni Downloads Nethunter.
penginstalan untuk android yang hanya di rokemndasikan untuk nexus mungkin akan saat mudah, tapi jika smartphone kalian bukan nexus penginstalan akan sedikit ribet dan memiliki resiko yang harus di tanggung penumpah :D
dan jika kalian tidak paham untuk pengistalan silahkan tinggalkan pesan di komentar. jika banyak saya akan share cara instal Kali Linux Nethunter.

5. BACKTRACK 5

BACKTRACK adalah salah satu distro linux turunan dari slackware, BLACKTRACK 2 di liris pada tanggal 6 maret 2007 yang pada rilis kedua ini backtrack 2 memasukan kurang lebih sebanyak 300 tools security dan pentester, sedangkan backtrack 3 dirilis pada tanggal 14 desember 2007 dengan jangka yang lumayan pendek ini backtrack 3 di pokuskan untuk support hardware. pada versi 3 tersebut backtrack memakai kernel versi 2.6.21.5. pada backtrack 4 ini menawarkan versi kernel terbaru yaitu 2.6.30.4 yang dimana banyak sekali perubahan dan pembaharuan salah satunya pada versi 4 ini  backtrack berpindah basis yang dulunya sleckware menjadi basis ubuntu yang di lengkapi dengan patch wireless drivers untuk menanggulangi wireless injection. pada veris backtrack 5 ini di buat untuk system platfrom android, namun sayang backtrack tersebut tidak lagi berkembang, updatan trakhir pada tahun 2010.
backtrack 5 sama seperti kali linux pada umunnya yang memiliki tools pentester namun backtrack 5 di lengkapi dengan GNU. yang dimana kita bisa melakukan pentester dengan tampilan graphics.
untuk kalian yang smarthpone nya low end tidak bisa mendownloads kali linux nethunter, mungkin sebaiknya kalian coba backtrack ini, untuk mendownloadsnya silahkan kunjungi situs resminya di : downlaods backtrack 5

syarat untuk menginstall backtrack ini sangat lah ringan dimana smarthpone yang hanya memiliki ram 512mb dan memory minimal 3.5gb kalian bisa menikmati fitur yang di sediakan pada backtrack 5 ini.

untuk tutorial penginstalan nya nanti saya share di artikel selanjutnya, nah dari ke 5 itu mungkin ada yang cocok buat kalian yang tidak punya laptop tapi ingin merasakan distro linux di android. silahkan kalian pilih yang sesuai dengan smarthpone kalian.
oke sekian semoga bermanfaat jika ada yang di tanyakan silahkan tanyakan di komentar, atau ada hal sesuatu keritikan dan pribadi silahkan masukan tanggpan di contact us.
Loading...
[ Close]
[ Close]